Idulfitri dan Iduladha merupakan hari raya bagi umat muslim. Jika Idulfitri jatuh pada 1 Syawal, Iduladha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Hari raya ini biasa kita sebut dengan hari raya kurban. Seperti halnya Idulfitri, hukum melaksanakan salat id adalah sunnah muakkadah.

Terdapat beberapa sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad di hari daya Iduladha. Tidak hanya salat id, berikut adalah 6 sunnah yang dikerjakan Nabi Muhammad di hari raya Iduladha.

1. Mandi sebelum salat id

Salah satu sunnah Nabi Muhammad yang dapat kamu lakukan sebelum salat id adalah mandi.

Ibnu Majah meriwayatkan, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, ‘Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.”

Nah, besok sebelum berangkat ke lapangan untuk melaksanakan salat id, jangan lupa mandi ya!

2. Berhias diri dan memakai pakaian terbaik

Dalam Hadis Riiwayat Al Hakim, Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa:

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya.”

Dari hadis tersebut menjelaskan bahwa salah satu sunnah Nabi Muhammad di hari id adalah memakai pakaian terbaik dan wewangian. Tetapi perlu kalian ingat, aturan berpenampilan menawan di hari id berlaku untuk kaum pria.

Sedangkan bagi kalian para perempuan, tidak dianjurkan untuk berhias dengan mengenakan baju yang mewah dan menggunakan minyak wangi.

3. Bertakbir

Salah satu sunnah Nabi Muhammad sebelum salat id adalah bertakbir dari rumah hingga mencapai tempat untuk menunaikan salat id.

Dalam sebuah hadis terkandung dalil disyari’atkannya untuk takbir dengan menggunnakan suara lantang selama perjalanan menuju ke tempat pelaksanaan salat. Jadi, jangan lupa takbir selama di perjalanan menuju tempat salat ya!

4. Melawati jalan pergi dan pulang yang berbeda

Melewati jalan pergi dan pulang yang berbeda dari tempat pelaksanaan salat id merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari bahwa Rasulullah mengambil jalan yang berbeda saat pulang dan pergi.

5. Berjalan kaki menuju tempat salat

Salah satu sunnah sebelum melaksanakan ibadah salat id adalah berjalan kaki menuju tempat salat. Hal ini mengacu pada hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat salat id dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang.”

6. Tidak makan sebelum salat id

Berbeda dengan Idulfitri yang disunahkan untuk makan sebelum salat, pada hari raya Iduladha disunahkan untuk menunda makan hingga setelah salat id dan kalian boleh makan apa yang kalian kurbankan jikalau kalian berkurban hewan pada hari raya Adha.

Seperti dalam hadist berikut: Buraidah (RA) meriwayatkan:

“Nabi (Sallallahu Alaihi Wa Sallam) tidak akan keluar pada hari setelah puasa (Yaitu Idulfitri) hingga ia telah makan dan pada hari raya kurban (Iduladha) ia tidak memakan apa pun hingga ia kembali (dari salat). Dan beliau akan memakan dari apa yang telah ia kurbankan.” [Ahmad].

Nah, itulah 6 sunnah yang dapat kalian kerjakan di hari raya Iduladha. Selamat hari raya Iduladha ya! Dan jangan lupa kerjakan sunnanya!