Beban Hidup Berat? Bacalah Doa Ini Sebagai Penawarnya

PortalMadura.Com – Setiap manusia di dunia ini pastilah memiliki masalah. Namun, jangan menganggap Allah SWT memberikan kita cobaan karena membenci kita. Tidak ! Allah SWT memberikan sebuah masalah kepada hambanya karena Allah SWT tahu, kita dapat melaluinya. Selalu percayalah bahwa Allah SWT memberikan cobaan kepada umatnya tidak melebihi batas kemampuan seorang tersebut. Tujuan kita diberi masalah pun intinya baik, yaitu agar kita lebih bersabar, lebih bijak dalam mengambil keputusan, menjadikan kita pribadi yang bertanggung jawab, serta kita selalu berdoa dan meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT, dan yang terpenting tawakal hanya kepada-Nya. Masya Allah.

Berikut merupakan doa yang diajarkan dalam Al-Quran tentang penawar beban hidup :

“Rabbanaa laa tu-aakhidznaa in nasiinaa aw akhtha/naa rabbanaa walaa tahmil ‘alaynaa ishran kamaa hamaltahu ‘alaalladziina min qablinaa rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi wa’fu ‘annaa waghfir lanaa warhamnaa anta mawlaanaa fanshurnaa ‘alaa lqawmi lkaafiriin”

Artinya : Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir. (QS. Al-Baqarah 286)

Disebutkan dalam tafsir Jalalain, ayat ini pun sudah menjelaskan terang-terangan bahwa Allah SWT tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebaikan yang diusahakannya dan ia mendapat siksa dari kejahatan yang dikerjakannya.

Maka dari itu, jika kau dalam keadaan terpuruk, susah, masalah menghantui setiap hari, berdoalah. Niscaya Allah akan selalu menolong hambanya yang meminta hanya kepada-Nya. Setelah berdoa, berusahalah kemudian bertawakal atas apa yang sudah terjadi. Insya Allah hati kita akan selalu tenang. Ingatlah, kemudahan akan terwujud jika kesulitan itu sudah dapat kita lalui dengan sabar dan tabah. Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam.