Rendah hati dapat melahirkan sikap-sikap mulia.

Dream – Tidak ada yang bisa menjamin hati selamanya akan bersih. Ada saja penyakit hati yang hinggap pada diri kita.

Kita memang dituntut untuk bisa menangkal segala bentuk penyakit hati, terutama kesombongan. Sebab, kesombongan dapat menjerumuskan seseorang pada kesesatan.

Setiap orang tentu ingin memiliki sifat rendah hati. Sifat ini dapat melahirkan beragam sikap mulia lainnya baik di dunia maupun di akhirat.

Ibarat padi, seseorang dengan sifat rendah hati akan merunduk seiring meningkatnya kemampuan dirinya. Dia tidak menunjukkan kelebihannya, bahkan cenderung berusaha menutupi agar terkesan biasa saja.

Namun demikian, tidak semua orang bisa memilikinya. Sifat ini memang harus dipupuk akan subur dalam diri kita.

Agar mampu menjadi pribadi yang selalu rendah diri, dianjurkan untuk membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam kitab Irwa'ul Ghalil karya Muhammad Nashiruddin Al Albani.

2 dari 6 halaman

Doa Selalu Rendah Hati

Allahuma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin

Artinya,

" Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yang khusyu dan rendah hati."

3 dari 6 halaman

Doa Saat Tubuh Sedang Sakit, Sering Dibaca Rasulullah

Dream – Setiap tubuh manusia berpotensi sakit . Kondisi ini bukan merupakan hal yang sifatnya luar biasa. Sakit menandakan mekanisme tubuh sedang terganggu.

Meski begitu, setiap orang diharuskan untuk mengatasi rasa sakit yang diderita.

Bisa dengan istirahat cukup, meminum obat , atau dengan terapi tertentu agar sembuh dari sakit tersebut.

Sakit juga pernah dialami Rasulullah Muhammad SAW. Tidak hanya sekali, melainkan berkali-kali.

Rasulullah mengajarkan doa ketika sedang sakit. Terutama ketika merasakan nyeri yang sangat.

4 dari 6 halaman

Doa Saat Sakit

A'udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru.

Artinya,

" Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan."

5 dari 6 halaman

Doa Awal Dzulhijjah yang Rutin Dibaca Rasulullah

Dream – Sepuluh hari pertama Dzulhijjah merupakan waktu yang istimewa. Para ulama sangat memuliakan waktu-waktu tersebut.

Dalam beberapa riwayat, Rasulullah Muhammad SAW bersabda hari yang mulia adalah awal Dzulhijjah. Allah pun sangat menyukai amal sholeh yang dikerjakan di waktu tersebut.

Pahala yang didapat dari setiap ibadah di awal Dzulhijjah begitu besar. Bahkan jauh lebih besar dan lebih disukai Allah dari jihad.

Mengisi awal Dzulhijjah bisa dengan berbagai bentuk amal sholeh. Bisa dengan membaca Alquran, puasa sunah , ataupun memperbanyak sedekah.

Imam As Suyuti dalam kitabnya Addurul Mantsur menuliskan sebuah doa yang dibaca di awal Dzulhijjah. Doa ini disebut selalu dibaca Rasulullah setiap kali Dzulhijjah datang.

6 dari 6 halaman

Doa Awal Dzulhijjah

Lailaha illah 'adadad duhur, lailaha illah 'adada amwajil buhur, lailalaha illah 'adadan nabati wasy syajar, lailaha illah 'adadal qothri wal mathor, lailaha illah 'adada lamhil 'uyun, lailaha illah khoirum mimma yajma'un, lailaha illah min yaumina hadza ila yaumi yumfakhu fisy syur.

Artinya,

" Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sebanyak hitungan masa, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sebanyak hitungan ombak lautan, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sebanyak hitungan tumbuhan dan pohon, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sebanyak tetesan dan air hujan, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sebanyak kedipan mata, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah mulai hari ini sampai hari ditiupkannya terompet hari kiamat."