Doa Ketika Berada di Hijir Ismail

Di Masjidil Haram , terdapat beberapa tempat yang istimewa. Berada maupun beribadah di tempat-tempat tersebut mengandung keutamaan.

Salah satu tempat itu adalah Hijir Ismail. Tempat ini berada tepat di samping Kabah, dengan dibatasi dinding tebal setinggi dada manusia dewasa .

Terdapat dua pintu sebagai jalan masuk ke Hijir Ismail. Pintu tersebut berada di sisi kiri dan kanan.

Hijir Ismail tidak bisa dimasuki oleh sembarang orang. Hanya mereka yang diberi keistimewaan bisa masuk dan ibadah di dalamnya, seperti pemimpin negara atau orang yang diberi kesempatan oleh pengelola Masjidil Haram.

Salah satu keutamaan dari Hijir Ismail adalah setiap doa yang dipanjatkan di sana terkabul. Hijir Ismail memang tempat yang dijamin mustajab untuk berdoa.

Bisa masuk dan berdoa di Hijir Ismail tentu jadi harapan setiap Muslim. Ketika mendapat kesempatan masuk ke dalam Hijir Ismail dan berdoa di dalamnya, dianjurkan membaca doa ini.

Ya rabbi ataituka min syiqqatim ba’idim muammilan ma’rufaka fa anilni ma’rufam min ma’rufika tughnini bi hi ‘an ma’rufi man siwaka ya ma’rufam bil ma’ruf.

Artinya, ” Ya Allah, Aku mendatangi-Mu dari negeri yang jauh, mengharapkan kebaikan-Mu, maka berikanlah kepadaku kebaikan dari kebaikan-Mu yang mencukupi aku dari kebaikan selain-Mu, Wahai Zat Pemberi Kebaikan.”