Doa Ketika Panen (Tanaman Berbuah)

Perasaan senang muncul tatkala melihat tanaman berbuah atau Panen. Penantian dan harapan untuk menikmati buah dari lahan sendiri terbayar sudah. Berbuahnya tanaman merupakan salah satu kenikmatan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Kita bisa menikmati bahan pangan lezat dan sehat yang memberikan banyak manfaat pada tubuh.

Di masa Rasulullah, umat Islam kerap memintakan doa setiap kali tanaman mereka berbuah. Rasulullah pun mengabulkan permintaan mereka dan mendoakan agar buah yang muncul memberikan keberkahan. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah RA. Kita juga dianjurkan membaca doa itu apabila tanaman kita berbuah.

Doa Saat Tanaman Berbuah

Allahumma barik lana fi tsamarina wa barik lana fi madinatina wa barik lana fi sho’ina wa barik lana fi muddina. Allahumma inna ibrahima ‘abduka wa kholiluka wa nabiyyuka wa inni ‘abduka wa nabiyyuka wa innahu da’aka li makkata wa inni ad’uka lil madinata bi mitsli ma da’aka li makkata, wa mitslihi ma’ahu.

Artinya, ” Ya Allah, berkahilah buah-buahan kami, berkahilah kota kami, berkahilah sha’ kami, dan berkahilah mud kami. Ya Allah, Nabi Ibrahim adalah hamba-Mu, kekasih-Mu dan Nabi-MU. Dan aku adalah hamba-Mu dan Nabi-Mu. Dia berdoa kepada-Mu bagi kemakmuran Mekah, dan aku berdoa kepada-Mu bagi kemakmuran Madinah, seperti Ibrahim mendoakan kota Mekah.”