Doa Melihat Hajar Aswad

Dari rangkaian proses ibadah haji atau umroh , para jemaah yang berkesempatan ke Tanah Suci pasti ingin mencium Hajar Aswad. Wujud benda ini adalah batu hitam yang terletak menempel pada salah satu sudut Kabah.

Dalam ibadah haji maupun umroh, Hajar Aswad menjadi patokan dimulainya tawaf. Amalan dengan berjalan mengelilingi Kabar ini dihitung satu putaran penuh jika kembali menjumpai batu hitam tersebut di sisi kiri.

Umat Islam meyakini Hajar Aswad bukan batu biasa. Dalam catatan sejarah Islam , batu ini berasal dari surga.

Selain itu, Hajar Aswad dipercaya dapat menghapus dosa-dosa manusia. Sehingga, setiap Muslim sangat ingin menyentuh hingga menciumnya.

Amalan mencium Hajar Aswad diajarkan sendiri oleh Rasulullah Muhammad SAW. Amalan tersebut dicontoh oleh Umar bin Khattab RA seperti terjelaskan dalam riwayat Imam Bukhari dari ‘Abis bin Robi’ah.

Jika tidak berkesempatan untuk menyentuh atau mencium dan hanya bisa melihat Hajar Aswad, dianjurkan membaca doa ini.

Bismillahi, Wallahu Akbar, Allahumma imanan bika, wa tashdiqon bi kitabika, wa wafaan bi ‘ahdika, wattiba’an li sunnati nabiyyika Muhammadin shallahu ‘alaihi wa sallam.

Artinya, ” Dengan nama Allah, Allah lah Yang Maha Agung. Ya Allah, aku beriman pada-Mu, membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji-Mu, dan mengikuti sunah Nabi-Mu SAW.”