Ibadah merupakan amalan kunci dari agama. Ini merupakan bentuk pengabdian makhluk kepada Penciptanya. Dalam Islam, ibadah terbagi menjadi fardlu atau wajib dengan sunah. Ibadah sunah dianjurkan untuk dikerjakan untuk memperbanyak catatan kebaikan.

Sayangnya, kita sering merasa berat untuk melaksanakan ibadah sunah. Kitapun memilih hanya menjalankan ibadah fardlu saja seperti sholat lima waktu, puasa Ramadan, zakat. Alasannya sangat beragam. Ada yang karena kelelahan, sibuk dengan pekerjaan, datu lainnya. Namun demikian, patut dipahami rasa berat melaksanakan ibadah terjadi karena situasi batin yang memang tidak punya kecenderungan beribadah.

Untuk mencegah kondisi dimana kita berat beribadah, dianjurkan untuk membaca doa berikut ini setiap usai sholat agar kita ikhlas dalam menunaikan ibadah. Insya Allah, kita akan mudah tergerak dalam beribadah.

Doa Saat Berat Beribadah

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya, ” Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau Maha Mendengar lagi Mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”