PortalMadura.Com – Memotong kuku di hari Jumat merupakan salah satu amalan sunah yang perlu dilakukan umat Islam. “Menggunting kuku, memotong rambut, disunahkan hari Jumat, Senin dan Kamis,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Nahdatul Ulama, Bogor, Achmad Ikrom.

Selain itu, ternyata memotong kuku pada hari-hari tertentu memiliki keutamaannya tersendiri. Seperti jika Anda memotong kuku pada hari Sabtu, maka akan keluar darinya penyakit dan masuk ke dalam dirinya obat untuk menyembuhkannya. Namun jika dilakukan pada hari Jumat, maka orang tersebut akan mendapatkan rahmat dan akan dikeluarkan dari dosa-dosa.

Beberapa hal di atas merupakan anjuran dari Rasulullah pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. “Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah pernah berkata: Barang siapa memotong kukunya pada hari Sabtu maka akan keluar darinya penyakit dan masuk ke dalamnya obat. Barang siapa memotong kukunya pada hari Ahad maka akan keluar darinya kemiskinan dan masuk ke dalamnya kekayaan. Barang siapa memotong kukunya pada hari Senin maka akan keluar darinya kecacatan dan masuk ke dalamnya kesehatan .

Barang siapa memotong kukunya pada hari Selasa maka akan keluar darinya penyakit barosh dan akan masuk ke dalamnya kesembuhan. Barang siapa memotong kukunya pada hari Rabu akan keluar darinya penyakit waswas dan ketakutan dan akan masuk ke dalamnya keamanan dan kesehatan. Barang siapa memotong kukunya pada hari Kamis akan keluar darinya penyakit kusta dan akan masuk ke dalamnya kesembuhan. Barang siapa memotong kuku pada hari Jumat maka akan masuk ke dalamnya rahmat dan keluar darinya dosa-dosa” .

Tidak hanya memotong kuku, ada beberapa amalan sunah lainnya yang tidak sulit untuk dilakukan. “Ada beberapa amalan sunah lainnya seperti, perbanyak baca selawat, mandi Jumat, pakai wangi-wangian, segera datang ke masjid, salat qobliyah Jumat, dan niat iktikaf sambil menunggu jemaah Jumat,” lanjut Achmad.

Selain sebagai amalan sunah, memotong kuku di hari Jumat lebih dianjurkan agar terjaga kebersihan kondisinya. Hari Jumat merupakan induknya hari untuk umat Islam. Bahkan, dalam sebuah hadis disebutkan jika hari Jumat lebih agung dari pada kedua hari raya besar, Idul Fitri dan Idul Adha. Pada hari Jumat juga Allah menciptakan Nabi Adam dan menurunkannya di hari tersebut. Wallahu A’lam .